Sedekah di Bulan Ramadhan

Sedekah di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulillah bulan ramadhan datang kembali, bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan dan segala amal perbuatan yang kita lakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Tahukah teman-teman amalan apa yang jika dilaksanakan pada saat bulan ramadhan maka akan mendapat naungan dihari akhir nanti ?

Rasulullah SAW menceritakan tentang 7 manusia yang nantinya akan mendapat naungan di hari akhir, hari dimana ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah “ Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di sedekahkan oleh tangan kanannya” ( HR.Bukhari no.1421)

Sungguh mulia pahala yang didapatkan oleh umat muslim jika ia tidak enggan melaksanakan sedekah. Islam sering menganjurkan umatnya untuk banyak bersedekah. Dan bulan ramadhan, amalan bersedekah menjadi lebih dianjurkan lagi. Dahsyatnya amalan bersedekah jika dilaksanakan dengan hanya mengharap ridho Allah SWT. Selain mendapat naungan kelak di hari akhir, Allah juga akan membukakan pintu surga dimana hanya dapat dimasuki oleh orang yang bersedekah, dalam hadist dijelaskan “ Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “ Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat , ia dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah” (HR.Bukhari no.3666, Muslim no.1027)

Marilah kita memperbanyak bersedekah di bulan yang mulia ini, agar apa yang kita lakukan dapat memberikan syafaat nantinya dan menjadikan amalan yang kita laksanakan menjadi penolong di hari akhir nanti. Aamiin….