Jaga Izzah, Jaga Iffah until jannah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

 

Kemuliaan wanita dalam Islam adalah dengan menjaga izzah dan iffahnya. Izzah berarti  kehormatan dan iffah berarti kesucian dan jika seorang muslimah telah menjaga izzah dan iffahnya akan mendapat ridho dari Allah SWT yang nantinya akan mengantarkan kita ke surga-Nya, Aamiin. Apabila menjaga izzah dan iffah dikaitkan dengan perempuan di era sekarang, Nah, faktanya di era sekarang yang serba dengan kecanggihan teknologi dan pergaulan yang semakin kompleks juga turut mempengaruhi kehidupan, salah satunya yaitu bagi perempuan di era sekarang tak jarang kita melihat mereka membuka aurat dan nantinya akan berujung dengan digodain oleh lawan jenis ketika sedang di luar rumah, serta ada juga ikhtilat yang berarti campur baur antara laki-laki dan perempuan dan tidak kenal batasan untuk bersama dengan lawan jenis dengan lawan jenis yang bukan mahramnya. Dimana hal-hal tersebut dapat mengurangi izzah dan iffah dari seorang muslimah itu sendiri.

Terlebih lagi dengan kecanggihan era sekarang banyak sekali orang yang memanfaatkan media sosial untuk kepentingan yang berbeda-beda, salah satunya dimanfaatkan sebagai hiburan, dimana hiburan tersebut dengan membuat video, dimana dalam video tersebut mengunggah mengenai paras kecantikan, joget-joget, maupun berlenggak lenggok dan video yang diunggah tersebt dapat secara bebas diakses oleh publik sehingga dapat mengurangi izzah dan iffah terutama bagi seorang muslimah. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri dalam berusaha menjaga izzah dan iffah di masyarakat. Muslimah yang menjaga izzah dan iffahnya di masyarakat seringkali mendapatkan tantangan dalam mempertahankan izzah dan iffahnya sebagai muslimah.

 

Tantangannya ini berupa internal maupun eksternal. Tantangan dalam bentuk internal dapat berupa rasa malas, kurang ikhlas sedangkan untuk eksternal adalah tantangan yang paling berpenaruh, yaitu pandangan orang lain, seperti dibilang sok alim, dituduh radikal, serta dalam menjaga suara agar tidak mendayu-dayu. Nah kira-kira gimana sih cara dalam berperilaku serta solusi menjaga izzah dan iffah? Yuk ketahui bersama-sama sobat muslimah, supaya izzah dan iffah terjaga yang pertama harus dilakukan yaitu pahami aturan ilahi (back to islam) dimana standart dari perilaku seorang muslim yaitu syariat islam seperti halnya dalam salah satu firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 19 yang berarti “sesungguhnya agama disisi Allah ialah islam”. Nah, untuk tips dan cara menjaga izzah dan iffah yaitu terbagi ke dalam 2 bagian yaitu dari internal dan eksternal.

Dari internal tips yang dapat diterapkan yaitu menutup aurat secara sempurna, menundukkan pandangan, dan menjaga hubungan kerjasama wanita dan pria bersifat umum sesuai hajat. Dari eksternal tips yang dapat diterapkan yaitu mencari komunitas/teman yang baik dan saling mendukung serta jangan takut pengaruh negatif dari luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *