Keutamaan dalam Bulan Rajab

Sumber gambar https://unsplash.com/photos/EpAq2EE-shg

Bulan rajab merupakan salah satu bulan yang mulia. Bulan rajab adalah bulan bercucura rahmat dari Allah SWT. Rasulullah SAW menyambut bulan rajab dengan doa , doa ini bertujuan agar Allah SWT memberikan rahmat dan keberkahan dan agar dipanjangkan umurnya sehingga dapat menikmati keistimewaan bulan romadhon. Berikut adalah doa yang Rasulullah SAW baca saat memasuki bulan rajab.

Artinya :  “Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan ramadhan”

Selain membaca doa tersebut terdapat beberapa keutamaan yang dapat dilakukan di bulan rajab, keutamaan dibulan rajab diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Beristighfar

Rasulullah SAW bersabda bahwa bulan rajab merupakan bulan permohonan pengampunan, maka hendaknya kita memperbanyak istighfar di dalamnya.

  1. Bertasbih

Tidak hanya beristighfar pada bulan rajab kita bisa memperbanyak membaca tasbih.

  1. Bersedekah

Salah satu waktu yang paling mulia untuk bersedekah adalah pada bulan rajab. Bersedekah sendiri memiliki banyak keutamaan diantara adalah dapat memadamkan murka Allah SWT, dapat melancarkan dan memperbanyak rezeki, dan dapat memberi keberkahan di dunia dan akhirat.

  1. Berpuasa

Berpuasa di awal bulan rajab merupakan amalan yang paling baik. Rasulullah SAW menegaskan bahwa siapa saja yang menjalankan puasa sehari di bulan rajab karena Alallah SWT tanpa ada niatan lainnya maka akan selalu mendapat ridha Allah dan dijanjikan surga Firdaus. Adapun jika seseorang puasa selama tujuh hari dalam bulan rajab maka akan ditutup pintu neraka untuknya sedangkan barang siapa yang berpuasa delapan hari maka akan dibukakan pintu surga untuknya. Pahala puasa sembilan hari adalah akan bangun dari kubur dengan memanggil kalimat “laailahaillallah” dan akan langsung masuk surga, dan pahala jika seseorang berpuasa selama sepuluh hari adalah dipermudahkan dalam melewati shiratal mustaqim. Pahala puasa sebelas hari adalah tidak akan mendapatkan tandingan pahala kecuali orang yang sama mengerjakan puasa sebelas hari pula. Dan pahala untuk yang berpuasa selama dua belas hari adalah mendapat pengakuan sebagai hamba yang paling mulia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *