Keistimewaan Perempuan Dalam Islam

sumber gambar : https://id.pinterest.com/pin/612067405597031561/

 

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Apa kabar sobat muslim semua? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Artikel kali ini akan membahas tentang Keistimewaan Perempuan Dalam Islam. Sebenarnya islam memandang laki-laki dan perempuan apakah berbeda ?. Jawaban atas pertanyaan ini sudah tertera pada QS. Al-Hujurat [49]: 13 yiatu “Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”. Dengan kata lain, laki-laki dan perempuan dipandang sama sesuai ketaqwaan masing-masing.

Perempuan dalam Islam merupakan makhluk Allah yang mempunyai banyak keistimewaan. Anak perempuan akan beranjak dewasa menjadi seorang istri dan seorang ibu. Peran perempuan pun sangat mulia di dalam kehidupan. Al-Qur’an menjelaskan bahwa perempuan diciptakan sebagai pasangan untuk laki-laki, bukan sebagai budak atau harta yang bisa diperjual belikan. Perempuan memiliki hak dalam agama sama dengan laki-laki. Selain itu, perempuan juga memiliki keistimewaan antara lain :

  1. Posisi perempuan dalam islam adalah pendamping laki-laki
  2. Ketika menjadi ibu, kedudukannya lebih tinggi dari ayah
  3. Perempuan sholehah akan masuk surga dari pintu manapun
  4. Perempuan sholehah lebih baik dari pada bidadari surga
  5. Kehormatan perempuan dilindungi dalam ajaran agama islam
  6. Mendapat kepercayaan dari Allah bisa hamil danmelahirkan yang setara dengaan jihad
  7. Surga ada di telapak kaki ibu
  8. Berhak mendapat mahar ketika dinikahi oleh laki-laki
  9. Perempuan diberi pengecualian dalam beribadah

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai perempuan, khusunya untuk menjaga kehormatan ? Bagaimanakah seharusnya peran perempuan dalam Islam di era modern seperti saat ini? Semua pertanyaan itu merupakan “PR” untuk kita semua. Kita sebagai perempuan dapat menyelesaikan “PR” tersebut dengan berbagai macam cara, salah satunya menuntut ilmu. Ilmu yang jelas berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadist yang akan menuntun kita menjadi lebih baik lagi. Menuntut ilmulah seting-tingginya, karena perempuan merupakan madrasah pertama bagi anak-anaknya. Para perempuan jagalah dirimu, kehormatanmu, dan akhlakmu.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh