Peran Pemuda Islam

sumber gambar https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQNH3271-euaE1e7DLSh1avbwk_rSNGSsE8cw&usqp=CAU

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh

Apa kabar sobat muslim semua? Semoga selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Artikel kali ini akan membahas mengenai Peran Pemuda Islam. Pemuda sendiri dapat diartikan sebagai orang yang berada diantara usia anak-anak dan usia tua. Menurut Islam, pemuda adalah orang yang sudah baligh atau dewasa dan sudah mukhalaf alias terbebani hukum. Pemuda merupakan figur yang kuat sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an, yaitu pada surat Ar-Rum ayat 54 yang artinya : “Dialah Allah SWT yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu menjadi lemah dan beruban”.

Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Pemuda menjadi tulang punggung utama suatu perubahan serta sebagai pundak kebangkitan sebuah peradaban. Dalam sejarah Islam, banyak pemuda yang memiliki peran penting dalam perkembangan peradaban Islam. Pemuda-pemuda yang berperan penting dalam peradaban Islam diantaranya Muhammad Al Fatih yang menaklukkan Konstantinopel, Salahudin Al Ayyubi yang merebut tanah Baitul Maqdis, dan masih banyak lagi. Tokoh-tokoh pemuda tersebut memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Islam di usia muda. Peran penting pemuda tidak hanya terjadi pada zaman dahulu, pada masa modern seperti saat ini pemuda juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan. Pemuda pada masa kini berperan sebagai generasi penerus perjuangan para pendahulu.

Lalu apa yang harus kita lakukan sebagai pemuda untuk mengembangkan peradaban Islam di masa sekarang? Bagaimanakah seharusnya peranan kita dalam mengembangkan Islam di era modern seperti saat ini? Semua pertanyaan itu merupakan “PR” untuk kita semua sebagai pemuda Islam. Kita para pemuda akan dapat menyelesaikan “PR” tersebut dengan berbagai cara, salah satunya menuntut ilmu. Ilmu yang kita tuntut dengan berpegang teguh pada Al-Qur’an dan hadist akan menuntun kita untuk dapat menjadi generasi muda yang berkontribusi dalam perkembangan peradaban Islam. Menuntut ilmu adalah salah satu cara untuk membekali diri untuk dapat berperan dalam Islam. Perbekalan yang harus disiapkan oleh pemuda yaitu keimanan yang cemerlang, tauhid yang murni, akhlak yang mulia, serta ilmu dan pengetahuan. Semoga Allah mudahkan setiap usaha kita untuk menjadi pemuda yang mencintai dan dicintai Allah, berkasih sayang sesama mu’min, serta bersungguh-sungguh berjuang di jalan Allah. Aamiin..

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *