Keutamaan di Bulan Ramadhan

Ramadhan merupakan bulan yang sangat istimewa, dimana di bulan ini pintu-pintu surga di buka lebar-lebar dan pintu-pintu neraka ditutup rapat-rapat. Pada bulan ini juga para umat muslim diwajibkan berpuasaa selama satu bulan, dan hukum puasa di bulan ramadhan adalah wajib bagi setiap umat muslim yang sudah baligh. Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh para umat muslim, karena di dalam bulan ramadhan terdapat beberapa keutamaan yang dapat mendatangkan pahala serta pengampunan dari Allah S.W.T. Hikmah dan keutamaan puasa di bulan ramadhan sangat banyak, salah satunya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. Tak hanya itu, pada bulan ramadhan kita juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengampunan jika kita berpuasa dengan sungguh-sungguh dan menjalankannya dengan niat lillahita’ala. Hal ini disampaikan oleh Nabi Muhammad S.A.W dalam hadist berikut ini:

Artinya: “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya pada masa lalu akan diampuni” (HR. Bukhari)

Kesempatan ini tentunya harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Karena selain mendapatkan pengampunan dosa-dosa, kita juga berkesempatan untuk meraih keutamaan puasa Ramadhan lainnya yaitu mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *