Forum Diskusi 1- Meneguhkan Solidaritas dan Kekeluargaan melalui Organisasi

Assalamualaikum wr.wb

Tahukah teman-teman apa organisasi itu ?

Secara umum organisasi dapat diartikan sebagai wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu dan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Selain itu organisasi juga sebagai tempat untuk saling mengerti, menghargai dan memberikan dukungan antara satu dengan yang lain sehingga dalam suatu organisasi tersebut tercipta rasa nyaman dan ikhlas untuk mencapai tujuan yang sama.

Namun, secara teori organisasi dapat diartikan sebagai organ dimana organ merupakan kelompok jaringan yang menjalankan fungsi tertentu, dan kemudian diberi imbuhan “-isasi” yang menunjukkan suatu tahapan yang terjadi. Jadi, organisasi merupakan suatu kelompok yang memiliki fungsi tertentu dan dijalankan dengan sistem-sistem yang telah ditetapkan didalamnya. Lalu, pentingkah organisasi dalam islam itu?

Dalam islam, kita telah diajarkan bahwa sesama muslim untuk memperbanyak tali silaturrahmi dan menjaga hubungan baik dengan manusia yang lain. Organisasi sebagai jembatan antara manusia satu dengan manusia yang lain sehingga terjadi interaksi didalamnya. Sebagaimana dalam firman Allah SWT di dalam surah Al-Maidah ayat 2 “ Dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan taqwa, dan janganlah tolong menolong dalam berbuat dosa”.

Membangun suatu organisasi diperlukan rasa solidaritas dan kekeluargaan yang tinggi. Bagaimana cara kita untuk memunculkan sikap tersebut? Rasa solidaritas dan kekeluargaan akan muncul jika kita sebagai muslim yang baik memiliki kesadaran diri untuk membangun hal tersebut, namun kesadaran diri tersebut perlu diimbangi juga dengan sikap yang friendly agar suasana dalam lingkup tersebut terasa hangat dan tidak canggung seperti suatu keluarga. Menjaga keutuhan dalam organisasi diperlukan keikhlasan, kebersamaan, dan pengorbanan.

Pentingnya saling menghargai , menghormati , dan mengasihi satu sama lain akan menjadi kunci kesuksesan tujuan dalam suatu organisasi. Jika dalam organisasi tersebut tidak ditanamkan rasa peduli terhadap yang lain maka tidak akan tercapai tujuan organisasi tersebut.

Dengan kita terlibat dalam suatu organisasi islam, maka kita secara tidak langsung memberikan sebuah pemikiran dan tindakan untuk membangun suatu system organisasi yang berlandaskan dengan akidah islam dan membantu terwujudnya umat islam yang berkualitas dan berjuang dengan jalan yang diridhai Allah. Aamiin…