Mading 2 : Qurban di dalam Islam

Assalamualaikum warrohmatullahi wabarokatuh

Idul Adha atau Hari Raya Haji setiap tahunnya dirayakan umat Muslim di seluruh dunia pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari itu, kaum muslim yang sedang menunaikan haji di Tanah Suci melakukan wukuf di Padang Arafah.

Selain itu, Idul Adha juga biasa disebut Hari Raya Qurban. Sejarah Idul Adha berkaitan dengan peristiwa ketika Nabi Ibrahim bersedia mengorbankan putranya, Nabi Ismail untuk disembelih sebagai bentuk ketaatan beliau kepada Allah SWT. Dengan melihat keikhlasan Nabi Ibrahim dalam melaksanakan perintah-Nya, maka Allah SWT menggantikan Nabi Ismail dengan seekor domba.

Peristiwa tersebut mengajarkan kita tentang ujian keimanan seseorang dan keikhlasan untuk mengorbankan sesuatu yang sangat berharga. Terkadang sangatlah sulit bagi kita untuk ikhlas mengorbankan sesuatu yang kita miliki, kendati sesuatu tersebut sangatlah berharga.

Dari peristiwa tersebut pula, disunahkan bagi umat muslim yang mampu untuk menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha, sebagai tanda bersyukur kepada Allah SWT dan momen berbagi kepada sesama manusia. Berkurban sendiri juga merupakan simbol pengorbanan seorang hamba yang ingin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Kali ini, mading IONS menyajikan video mengenai ‘Qurban di dalam Islam’. Video yang berdurasi 1 menit 29 detik ini memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan Qurban, mulai dari pengertian Qurban hingga cara pembagian daging Qurban.

Yuk disimak videonya.. jangan lupa follow instagram ions dan like postingan-postingannya..

Semangat sahabat fillah💪💪

Scientist muslim, melangkah bersama, inspirasi dunia, Allahu Akbar..

https://www.instagram.com/p/CDSlnsdhB4T/

Wassalamu’alaikum warrohmatullahi wabarokatuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *