KEUTAMAAN DAN AMALAN BULAN SYA’BAN

Sya’ban adalah bulan ke delapan dalam kalender Hijriyah, bulan mulia yang berada diantara bulan Rajab dan Ramadhan. Banyak keutamaan yang terdapat dalam bulan Sya’ban yang diantaranya adalah diangkatnya amalan ibadah, dikabulkannya hajat dan segala permohonan, diampuninya dosa-dosa, dilimpahkan pahala bagi umat muslim yang mengerjakan amalan baik dan masih banyak lagi. Dalam bulan Sya’ban Rasulullah SAW juga banyak mengerjakan puasa sunnah bahkan hampir sebulan penuh, karena puasa di bulan Sya’ban merupakan puasa terbaik setelah puasa Ramadhan. Dalam bulan Sya’ban terdapat satu malam yang istimewa yang sering disebut dengan malam Nisyfu Sya’ban. Disebut dengan malam yang istimewa karena pada malam tersebut Allah SWT membukakan pintu rahmat dan pintu ampunan untuk umat manusia.
Bulan Sya’ban juga disebut sebagai bulannya Nabi Muhammad SAW karena Allah SWT memerintahkan kepada umat manusia untuk bershalawat kepadanya sebagaimana yang terdapat dalam surat Al-Ahzab ayat 56 :

Artinya : “Sungguh Allah dan para malaikat-nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang
yang beriman, shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya”.
Salah seorang ulama yaitu Abu Bakar Al-Balkhi menyampaikan perumpamaan mengenai bulan tersebut. Ia menyampaikan bahwa, “Rajab ibarat angin, Sya’ban bagaikan mendung dan Ramadhan seperti hujan” yang mana dari perumpamaan tersebut berarti bulan Rajab ibarat angin yang menghembuskan amal-amal kebaikan, bulan Sya’ban bagaikan mendung sehingga menjadi mendung amal kebaikan dan Ramadhan yang kemudian akan menjadi seperti hujan berkah, rahmat dan maghfirah.
Terdapat beberapa amalan yang dapat dilakukan di bulan Sya’ban yang diantaranya adalah :
• Bulan puasa sunnah

Dari Aisyah R.A berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunnah melebihi (puasa sunah) di bulan Sya’ban ((HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156)
• Bulan Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
Bulan Sya’ban adalah bulan latihan, pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses beramal shalih di bulan Ramadhan. Untuk mengisi bulan Sya’ban dan sekaligus sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, ada beberapa hal yang selayaknya dikerjakan oleh setiap muslim.
1. Persiapan ilmu
2. Persiapan dakwah
3. Persiapan keluarga
4. Persiapan mental
5. Persiapan jihad melawan hawa nafsu